Kodim 0613/Ciamis Tanam Ribuan Pohon Dalam Rangka Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) - Alif MH - Info

Tuesday, November 29, 2022

Kodim 0613/Ciamis Tanam Ribuan Pohon Dalam Rangka Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)

Kodim 0613/Ciamis Tanam Ribuan Pohon Dalam Rangka Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI)
Simbolis Penyerahan Bibit Tanaman Dalam Rangka Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di wilayah Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Ciamis, AlifMH.info - Kodim 0613/Ciamis melaksanakan kegiatan penanaman pohon di wilayah Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Penanaman ini dilaksanakan di wilayah Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (28/11/2022).

Penanaman ini, Kodim 0613/Ciamis bersama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Polres Ciamis, dan Kementerian Lingkungan Hidup di wilayah Kabupaten Ciamis. Selain itu, penamanan pohon ini juga melibatkan sejumlah masyarakat sekitar dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di wilayah Kabupaten Ciamis.

Ribuan pohon ditanam dalam gerakan menanam pohon serentak di wilayah Desa Cimari Kecamatan Cikoneng. Beragam macam jenis pohon ditanam di salah satu desa di wilayah Kabupaten Ciamis. Gerakan menanam pohon ini dilaksanakan sacara serentak diseluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut , dihadiri secara langsung oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Lektol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., dan Kepala BKSDA Bidang III Ciamis serta Kepala BPSILHK Ciamis. Selain itu juga tampak hadir perwakilan SKPD terkait diwilayah Kabupaten Ciamis.

Gerakan menanam pohon yang dilaksanakan secara serentak di Jawa Barat ini dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum. Wakil Gubernur Jawa Barat membuka dan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota secara virtual zoom di wilayah masing-masing.

Dalam zoom meeting, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan bahaa pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Dimana Pohon menjaga suhu bumi tetap dingin dan menyerap karbon serta menyaring polusi udara.

"Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, dan mengurangi peluang penyebaran patogen antara hewan dan manusia. Ada banyak manfaat jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa didapatkan dengan menanam pohon. Tunggu apalagi maka dari itu mari kita sama - sama tanam dan pelihara pohon," kata H. Uu Ruzhanul Ulum dalam zoom meeting bersama seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, ini merupakan kegiatan kerjasama antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah dan Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka menanggulangi terjadinya perluasan lahan kritis. Sehingga dengan penanaman ini lahan-lahan kritis bisa dipersempit.

"Dengan penanaman pohon, penghijauan lahan di wilayah Ciamis bisa semakin lebih tertata terutama untuk penyerapan air dilingkungan," kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Komandan Kodim 0613/Ciamis menuturkan, sampai saat ini sudah ada 7 titik di wilayah Kabupaten Ciamis yang sudah dilaksanakan gerakan menanam pohon. Ini semua bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan memepersempit lahan kritis diwilayah Kabupaten Ciamis.

"Sampai dengan hari ini sudah ada 7 titik yang sudah dilaksanakan gerakan penanaman pohon. Sebelumnya ada di Puncak Bakom dan hari ini di Cikoneng. Program ini akan terus berlanjut dalam rangka menjaga kelestarian alam sertadi wilayah Kabupaten Ciamis," kata Perwira Menengah TNI AD lulusan Akademi Militer Tahun 2003.

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda