Dosen Prodi Psikologi UTS Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat Rutgers, Tema: Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas - Alif MH - Info

Monday, November 28, 2022

Dosen Prodi Psikologi UTS Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat Rutgers, Tema: Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas

Dosen Prodi Psikologi UTS Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat Rutgers, Tema: Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Rutgers, Tema: Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas

Lombok Barat, AlifMH.info - Pengabdian Tahun 2022 Berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya. Junaidin, S.Pd., M.Psi, dosen prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa bersama 4 orang mahasiswa prodi Psikologi M. Wira Arudziki, Ulfa, Sri Hardining dan Karismawati berkesempatan mendapatkan Hibah Program Initiative dari Organisasi Ruang Temu Generasi Sehat Indonesia (Rutgers).

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 & SLBN 2 Lombok Barat NTB, adalah Menjadi sekolah yang punya karakteristik tersendiri yang dipilih, dengan metode belajar yang modern, guru-guru yang profesional dalam bidang masing-masing, dan banyak hal lain.

"Tema yang menarik bagi saya dan tim untuk memberikan pelayanan, mendidik, motivasi, inspirasi, serta pandangan hidup tentang masa depan para remaja disabilitas yang memiliki keistimewaan, potensi, dan kemampuan dengan ciri khasnya masing-masing. Adapun tema pengabdian masyarakat yang saya susun yaitu 'Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas'," ungkap Pak Junaidin.

Dengan beberapa jenis kegiatan mulai  dari (Psikoedukasi tentang layanan psikologis dan layanan karir remaja disabilitas, Tes IQ, Bakat & Minat, Konseling Individu dan Kelompok, FGD). Program kegiatan ini dengan waktu yang cukup lama karena banyak jenis kegiatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 November 2022 s/d 23 Januari 2023.

Hal lain yang Menjadi perhatian khusus bagi Pak Junaidin, "Ini bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap masa depan para remaja khusus penyandang disabilitas di NTB, memberikan Psikologis dan layanan karir pada remaja Disabilitas dengan tujuan mengenal potensi diri, kepribadian, kemampuan agar tumbuh menjadi remaja yang mandiri dan bisa berkarir dalam berbagai bidang yang diminati. Berbagi dengan para remaja disabilitas ini memiliki kepuasan tersendiri bagi Saya dan Tim bisa memberikan banyak cerita motivasi, pengalaman hidup orang-orang sukses, dan selalu optimis pada masa depan."

Dosen Prodi Psikologi UTS Sukses Laksanakan Pengabdian Masyarakat Rutgers, Tema: Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas
Keseruan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Rutgers, Tema: Implementasi Layanan Psikologis & Layanan Karir Remaja Disabilitas

Harapan lain yang menjadi target dari program yang dilaksanakan selama Tiga bulan di Lombok Barat NTB ini adalah para remaja bisa tumbuh dengan mandiri, berkarya dan berkarir dengan baik, bisa diterima dilingkungan sekitar, menciptakan lapangan kerja sendiri, dukungan keluarga yang penuh, menetapkan aturan atau kebijakan terkait dengan hak-hak anak/remaja disabilitas terutama hak pendidikan,hak layanan kesehatan, hak berkarir, hak secara hukum. 

Pak Junaidin berharap, dengan terlaksananya program Initiative ini,  keluarga, sekolah, dan pemerintah harus bertangungjawab penuh atas kehidupan yang layak bagi para remaja disabilitas, bisa memberikan ruang mereka untuk selalu beradaptasi, berkarya dan berkolaborasi dengan  lingkungannya. 

Semoga Tuhan memberikan kehidupan yang baik dan kebahagiaan yang penuh makna dalam setiap langkah Kita. Setiap anak yang tumbuh dari kehidupan berhak menjadi yang terbaik, mungkin saja lewat do'a orang tua, usaha orang lain atau niat tulus dirinya sendiri.

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda