Waspada! Ini Dia Modus Penipuan di ATM yang Sering Terjadi - Alif MH - Info

Wednesday, May 3, 2023

Waspada! Ini Dia Modus Penipuan di ATM yang Sering Terjadi

 

Berita - Waspada! Ini Dia Modus Penipuan di ATM yang Sering Terjadi
Waspada! Ini Dia Modus Penipuan di ATM yang Sering Terjadi

Jakarta, AlifMH.info - Banyak masyarakat yang sering menggunakan mesin ATM untuk bertransaksi keuangan, namun tahukah Anda bahwa mesin ATM dapat menjadi sasaran modus penipuan yang cukup populer. Modus penipuan ini bisa merugikan masyarakat dengan jumlah uang yang cukup signifikan.

Salah satu modus penipuan yang sering terjadi di mesin ATM adalah skimming, dimana pelaku memasang alat pada mesin ATM yang dapat mencuri data dari kartu ATM korban. Pelaku biasanya memasang alat ini pada slot kartu ATM yang biasa digunakan oleh nasabah.

Selain itu, modus penipuan lainnya adalah lempar tikus, dimana pelaku melempar tikus ke dalam ruangan ATM untuk membuat korban panik dan keluar dari ruangan. Ketika korban keluar, pelaku kemudian memasang alat skimming atau mencuri kartu ATM korban.

Modus penipuan lainnya adalah meminta bantuan, dimana pelaku meminta bantuan pada korban untuk membantu melakukan transaksi pada mesin ATM. Pelaku kemudian mencatat PIN dan nomor rekening korban untuk melakukan penipuan.

Untuk menghindari modus penipuan di mesin ATM, masyarakat harus selalu waspada dan berhati-hati saat menggunakan mesin ATM. Pastikan sekitar mesin ATM terlihat aman, tidak ada orang yang mencurigakan, serta cek terlebih dahulu apakah ada alat skimming yang dipasang pada slot kartu ATM.

Dengan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari modus penipuan di mesin ATM yang merugikan.

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda