FKSBM Kelurahan Matakando Adakan Kegiatan Dialog Tematik II Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat Tahun 2020 - Alif MH - Info

Monday, December 21, 2020

FKSBM Kelurahan Matakando Adakan Kegiatan Dialog Tematik II Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat Tahun 2020

FKSBM Kelurahan Matakando Adakan Kegiatan Dialog Tematik II Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat Tahun 2020
Dialog Tematik ke 2 Program keserasian sosial berbasis Masyarakat Tahun 2020

Kota Bima, AlifMH.info - FKSBM Kelurahan Matakando pada akhir tahun 2020 ini mengadakan kegiatan terakhir dari beberapa rangkaian kegiatan sebelumnya yang dimulai dengan kegiatan tematik I Pada tanggal, 15 September 2020 lalu di Aula Pondok Pesantren Daarul Hikmah Soncolela.


Kegiatan Tematik II  kali ini di adakan di Aula Kantor Lurah Matakando. Kegiatan Fisik (Lap. Futsal) dan Pembangunan Tugu Keserasian Sosial merupakan wujud perhatian dan kepedulian Pemerintah RI, Khususnya KEMENSOS Yang bersinergi dengan Tim SINERGISITAS antar Kementerian/ Lembaga.


Adapun penanggung jawab kegiatan tersebut yaitu Forum Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat (FKSBM) Kel. Matakando berdasarkan SK Bapak Rustam, S.Sos (Lurah Matakando) No. 07 tahun 2020 tertanggal 22 Juni 2020 dengan Bimbingan, arahan dari Bapak Drs. H. Muhidin, MM (Kepala Dinas Sosial Kota Bima),  dan Ibu Dra. HJ. Fatimah (Kabid. Linjamsos) serta Ibu Sri Wahyuni, Spt (Pendamping FKSBM  Kota Bima) dan Tim SINERGISITAS.


Pada kegiatan tersebut dihadiri Oleh 8 Narasumber dan 100 peserta Forum yang terdiri dari  Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPM, RT/RW, TKST, Pekerja dan Fasilitator Sosial dan perwakilan Semua Elemen Masyarakat Matakando.


8 Narasumber menyampaikan berbagai materi dan berdialog dengan peserta forum, seperti Kepala Dinsos Kota Bima menyampaikan materi Kebijakan dan Program pada Dinas Sosial Kota Bima,  Kepala Kesbangpol Ach. Fathoni menyampaikan materi Pencegahan Paham Radikalisme di Masyarakat, Lurah Matakando yang diwakili oleh Seklu. Matakando Bapak Edy Irawan, SE, materi memperkuat Nilai-nilai kearifan lokal, Akademisi  Ketua STIH Muhammadyah Bima Bapak Dr. Ridwan M. Said, SH., MH. menyampaikan materi Optimalisasi peran masyarakat guna pencegahan paham Radikalisme, Kabid. Linjamsos Ibu Dra. Hj. Fatimah menyampaikan materi Evaluasi program keserasian sosial, Tokoh Agama Pimpinan Ponpes Ulul Albab Rabangodu Selatan, Ustadz Islahuddin, S. Psi., M. Pdi menyampaikan materi Peranan Ulama dalam Memperjuangkan NKRI, Tokoh Pemuda Bapak Saifuddin Muhtar menyampaikan materi Memupuk semangat Gotong Royong dan yang terakhir Pendamping FKSBM Kota Bima Ibu Sri Wahyuni, S.Pt menyampaikan materi Penjelasan Tekhnis Penyusunan Laporan.


Dalam sambutannya Ketua FKSBM Kelurahan Matakando Bapak Ahmad mengatakan, "Dalam Kegiatan ini tujuannya Untuk Menghindari Konflik yang terjadi di tengah-tengah Masyarakat Kel. Matakando,  Menciptakan wadah yang dapat mengakomodir pemuda untuk belajar, berkarya dan bekerja dan menanamkan nilai kebersamaan dan Gotong royong, solidaritas sosial serta saling menghormati di antara sesama Masyarakat berbasis kearifan Lokal".


Selain penyampaian materi dari beberapa narasumber juga disampaikan laporan Dana keseluruhan kegiatan Tematik I & Tematik II dan Pembangunan Fisik sejumlah Total Rp150.000.000,-. Rinciannya untuk Pembangunan Lapangan Futsal sejumlah Rp100.000.000,-  dan Pembangunan Tugu Keserasian Sosial, Kegiatan Dialog Tematik I & II dan kegiatan Operasional Forum Keserasian sosial berbasis Masyarakat Kelurahan Matakando menggunakan Dana sejumlah Rp50.000.000,- ucap Ketua FKSBM Kel. Matakando. 


FKSBM Kelurahan Matakando Adakan Kegiatan Dialog Tematik II Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat Tahun 2020
Penyerahan Bola Futsal secara Simbolis kepada Pemerintah Kelurahan Matakando melalui Seklu. Matakando dan Perwakilan Dari Pondok Pesantren Daarul Hikmah


Melalui Kegiatan ini mari kita saling Hormat menghormati, Menjaga semangat kebersamaan dan Gotong Royong, hindari konflik dan permusuhan, iri, dengki, dendam kesumat hablun minallah dan hablum minannas sehingga terciptanya Matakando Khususnya dan Kota Bima Umumnya yang harmonis, rukun, aman, damai dan sejahtera.


Akhirnya, kami memohon dengan Hormat Kepada Bapak Kepala  Dinsos Kota Bima untuk meresmikan lapangan Futsal Kelurahan Matakando. Ucap Ketua FKSBM kel. Matakando.


FKSBM Kelurahan Matakando Adakan Kegiatan Dialog Tematik II Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat Tahun 2020
Peresmian Lapangan Futsal Kel. Matakando di Ponpes Daarul Hikmah Kota Bima

FKSBM Kelurahan Matakando Adakan Kegiatan Dialog Tematik II Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat Tahun 2020
Peresmian Tugu keserasian Sosial berbasis Masyarakat Kel. Matakando tahun 2020


Dalam kesempatan itupun kegiatan ditutup  Kepala Dinas Sosial Kota Bima beserta jajaran meresmikan dan meninjau Lapangan Futsal dan Tugu Keserasian Sosial di tandai penyerahan Bola Futsal secara simbolis kepada Pemerintah Kelurahan Matakando melalui Seklu. Matakando dan Perwakilan Dari Pondok Pesantren Daarul Hikmah.


ا HS ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda