Info Lowongan Kerja Menyusut Selama Pandemi Covid-19, Pak Hendra Buat Grup Telegram ‘Loker HSE Profesional’ - Alif MH - Info

Wednesday, June 9, 2021

Info Lowongan Kerja Menyusut Selama Pandemi Covid-19, Pak Hendra Buat Grup Telegram ‘Loker HSE Profesional’

Grup Telegram ‘Loker HSE Profesional’


Jakarta, AlifMH.info - Berdasarkan data dari Analisis big data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat lowongan kerja menyusut. Jumlah iklan lowongan Januari 2020 sempat mencapai 12.168, lalu turun menjadi 11.103 (Maret), 6.134 (April), dan 3.726 (Mei).


Jumlah perusahaan yang menawarkan lowongan kerja juga turun. BPS mencatat ada lebih dari 500 perusahaan yang menawarkan lowongan di jobs.id tiap bulannya hingga Maret 2020. Namun jumlahnya berkurang 50% menjadi 268 (April 2020) dan 207 (Mei 2020).

 

COVID-19 juga telah menimbulkan ketidakpastian dan perlambatan ekonomi bagi dunia usaha sehingga berujung pada PHK, perumahan karyawan maupun penyerapan tenaga kerja. Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia pada Q2 2020 mengonfirmasi hal ini.

 

Melihat kondisi tersebut pada 20 Desember 2020 Pak Hendra berinisiatif membuat grup telegram ‘Loker HSE Profesional’. Tujuannya agar bisa membantu sesama kolega ‘Health Safety Environment’ (HSE) yang sedang standby kerja. Dengan harapan  informasi-informasi lowongan kerja yang dikirim dalam group telegram tersebut bisa dengan cepat sampai ke teman-teman yang sedang standby. Selain itu agar sesama anggota grup bisa saling tolong menolong dalam informasi lowongan kerja khususnya di bidang HSE.

 

Kini grup Telegram ‘Loker HSE Profesional’ memiliki anggota Lebih kurang 3.500 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia (Sabang sampai Maraoke). Para anggota grup ada yang berprofesi sebagai praktisi HSE, Paramedik, dan Environment.

 

Telegram memang lebih unggul dibanding WhatsApp dari segi kapasitas anggota grup, WhatsApp punya kapasitas maksimal anggota grup hingga 256 orang. Sementara, kapasitas grup Telegram standar umumnya hanya bisa menampung 200 orang. Tapi, bisa diperbesar kapasitasnya hingga 5.000 orang dengan fitur Super Group.

 

Pak Hendra, Pendiri Grup Telegram 'Loker HSE  Profesional'

Saat diwawancarai (Rabu, 09-06-2021) Pak Hendra menjelaskan, “Aktifitas dalam grup telegram ‘Loker HSE  Profesional’ antara lain; berbagi informasi terkait lowongan kerja, informasi / sharing pengetahuan berkaitan dengan HSE, aktifitas promosi yang berhubungan dengan HSE seperti Info Training HSE, Sertifikasi ISO/SMK3, dll. Serta membahas Issue HOT apabila terjadi kecelakaan kerja.”


“Harapannya grup Telegram ‘Loker HSE Profesional’ ini bisa diterima oleh sesama kolega HSE, sehingga menjadi lebih besar dari yang sekarang dan mempunyai kegiatan-kegiatan Positif lainnya,” pungkas Pak Hendra.

 

ا MF ]

 

 

Silakan klik tulisan dibawah ini untuk bergabung kedalam grup Telegram ‘Loker HSE Profesional’.

 

GRUP TELEGRAM - LOKER HSE PROFESIONAL

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda