Maksimalkan Pembelajaran Daring - SDN 5 Kota Bima Adakan Pelatihan Membuat dan Mengelola Web (Blog) untuk Guru - Alif MH - Info

Saturday, November 7, 2020

Maksimalkan Pembelajaran Daring - SDN 5 Kota Bima Adakan Pelatihan Membuat dan Mengelola Web (Blog) untuk Guru

Maksimalkan Pembelajaran Daring - SDN 5 Kota Bima Adakan Pelatihan Membuat dan Mengelola Web (Blog) untuk Guru
Pelatihan Website (Blog) untuk Guru SDN 5 Kota Bima 


Kota Bima, AlifMH.info - Tak terasa sudah 7 bulan kita hidup berdampingan dengan Wabah Pandemik Covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Sejak Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada Senin, 2 Maret 2020 lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun.

 

Hari ini Sabtu, 7 November 2020 dilansir dari website resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (www.covid19.go.id). Total kasus Covid-19 di Indonesia yaitu sebanyak 434 rb jiwa, sembuh sebanyak 364 rb jiwa, sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 14.540 jiwa. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat total kasus Covid-19 yaitu sebanyak 4.117 jiwa, sembuh sebanyak 3.459, dan yang meninggal dunia sebanyak 227.

 

Rumitnya penanganan wabah ini membuat para pemimpin dunia menerapkan kebijakan yang super ketat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Social distancing menjadi pilihan berat bagi setiap negara dalam menerapkan kebijakan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, karena kebijakan ini berdampak negatif terhadap segala aspek kehidupan.

 

Pembatasan interaksi sosial masyarakat dapat menghambat laju pertumbuhan dan kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, namun tidak ada pilihan lain, karena cara ini adalah yang paling efektif.

 

Kebijakan social distancing berakibat fatal terhadap roda kehidupan manusia. Tak terkecuali bidang pendidikan ikut juga terdampak kebijakan ini. Keputusan pemerintah yang mendadak dengan meliburkan atau memindahkan proses pembelajaran dari sekolah/madrasah menjadi di rumah, membuat kelimpungan banyak pihak.

 

Peralihan cara pembelajaran ini memaksa berbagai pihak untuk mengikuti alur yang sekiranya bisa ditempuh agar pembelajaran dapat berlangsung, dan yang menjadi pilihan adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran daring.

 

Agar para guru di  SDN 5 Kota Bima semakin siap dan maksimal dalam memberikan pembelajaran daring kepada muridnya, sekolah mengadakan pelatihan Membuat dan mengelola Web (Blog) untuk pembelajaran daring selama masa pandemik Covid-19. Materi pelatihan disampaikan oleh Mu’amar Fadlil (Web Developer Bima) dan dibantu rekannya Wahyudin, Pelatihan diikuti oleh 30 guru di Ruang Guru SDN 5 Rabangodu Utara, pelatihan tersebut juga di hadiri oleh Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kota Bima Taufik Rahman, S.Pd, M.Pd. 


Maksimalkan Pembelajaran Daring - SDN 5 Kota Bima Adakan Pelatihan Membuat dan Mengelola Web (Blog) untuk Guru
Pelatihan Website (Blog) untuk Guru SDN 5 Kota Bima


"Alhamdulillah, sekarang guru-guru sudah memiliki web (blog) dan mengerti cara mengelolanya juga" ucap kepala sekolah SDN 5 Kota Bima, Suhardin, S.Pd, M.Si. saat diwawancarai Sabat (07/11/2020).

 

Suhardin yang juga menjabat sebagai Ketua PGRI Kota Bima itu menambahkan, "Website sekolah kami juga sedang progres dibuat dan InsyaAllah SDN 5 Kota Bima akan menjadi SD pertama di Bima yang memiliki website resmi sekolah".

 

Terakhir Pak Sahrudin menjelaskan, "Kami berencana akan rutin mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru di SDN 5 Kota Bima, dan kami sangat mendukung kaloborasi kegiatan pelatihan dengan instansi terkait guna kemajuan kita bersama".


ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda