Jelang Bulan Suci Ramadhan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Warga Bersihkan Makam di Perbatasan - Alif MH - Info

Tuesday, March 15, 2022

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Warga Bersihkan Makam di Perbatasan

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Warga Bersihkan Makam di Perbatasan
Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Warga Bersihkan Makam di Perbatasan

KALBAR, AlifMH.info - Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan pemakaman umum muslim dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan bersama masyarakat di Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau.

Dansatgas mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh 4 orang personil Pos Sungai Tengah dipimpin Praka Hasan Udin pada Selasa (15/03/2022), Kerja bakti pembersihan makam tersebut adalah sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan setiap menjelang bulan Ramadhan. Adapun Sasaran kerja bakti ini adalah pembersihan semak semak, rumput dan sampah di areal makam.

Dansatgas menjelaskan, pembersihan makam dilakukan menjelang Ramadhan karena tradisi masyarakat berziarah kubur banyak dilakukan. "Dengan pembersihan makam ini, kami ingin memudahkan masyarakat yang akan ziarah atau mencari makam keluarga”.

“Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan keamanan, kenyamanan dan kebersihan bagi para peziarah nantinya yang akan melaksanakan ziarah ke makam keluarganya di bulan Ramadhan tahun ini, ” tutur Dansatgas.

Terspisah Danpos Sungai Tengah Sertu Chandra Prasasti mengatakan kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama, disamping itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal, sebagai bentuk rasa hormat untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia,” imbuh Danpos.

Sementara itu Kepala Dusun Sungai Tengah Bapak Misnin mengatakan bahwa, “Dengan dilakukannya pembersihan di seluruh area makam ini diharapkan warga yang nantinya akan melaksanakan ziarah ke makam dapat melangkah dengan leluasa dan merasa nyaman,” ujarnya.

[ ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda