Wujudkan Laporan Keuangan yang Akuntabel, Kudam XII/Tpr Bersama Puslapbinkuhan Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku - Alif MH - Info

Friday, August 26, 2022

Wujudkan Laporan Keuangan yang Akuntabel, Kudam XII/Tpr Bersama Puslapbinkuhan Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku

Wujudkan Laporan Keuangan yang Akuntabel, Kudam XII/Tpr Bersama Puslapbinkuhan Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku
Kudam XII/Tpr Bersama Puslapbinkuhan Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku

Kubu Raya, AlifMH.info - Guna mewujudkan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel, Keuangan Kodam (Kudam) XII/Tanjungpura bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kemhan RI melakukan Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi, Kapwabku,  penyelesaian normalisasi dan tutup periode laporan keuangan TA 2022 bertempat di Aula Makudam XII/Tpr. Kamis (25/08/2022).

Sosialisasi juklak Kebijakan Akuntansi, dan Kapwabku hari ini dibuka secara resmi oleh Asrendam XII/Tpr, Kolonel Kav Dino Martino. Dihadiri Kakudam XII/Tpr. Sosialisasi diikuti oleh para pejabat pengelola keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI yang ada di Kalimantan Barat. Materi disampaikan oleh Tim dari Puslapbinkuhan Kemhan RI yang dipimpin oleh Kolonel laut (S) Arwinto Arsan, S.E., M.A.P.

Asrendam XII/Tpr, Kolonel Kav Dino Martino saat membuka kegiatan mengatakan, untuk mewujudkan TNI yang Profesional, Adaptif Dan Militan, maka setiap komponen harus terus meningkatkan kinerja dan profesionalismenya. Keuangan Angkatan Darat, Laut dan Udara sebagai bagian integral dari TNI yang merupakan satuan bantuan administrasi berperan sebagai penyelenggara dalam pengurusan Keuangan Negara di lingkungan Kemhan dan TNI.

Selanjutnya mengatakan, tantangan tugas semakin kompleks dan berbasis teknologi, diharapkan personel keuangan selalu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta SDM, dengan cara, mempelajari dan menguasai aturan-aturan bidang keuangan, personel keuangan harus update, adaptif dan patuh terhadap peraturan yang berkembang saat ini untuk pengelolaan keuangan negara yang tertib, transparan dan akuntabel.

"Serta menguasai dan memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan akuntansi dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan pemerintah yang dilaksanakan melalui Sistem Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan melaksanakan aturan dari Juklak Kapuslapbinkuhan Kemhan RI," kata Asrendam XII/Tpr.

Sedangkan Ketua Tim Sosialisasi, Kolonel laut (S) Arwinto Arsan saat membacakan sambutan Kapuslapbinkuhan Kemhan RI, mengatakan pada kesempatan ini akan dilaksanakan sosialisasi Juklak Kapuslapbinkuhan Kemhan Nomor: Juklak/29/III/2022 tentang Standardisasi Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI dan Juklak Kapuslapbinkuhan Kemhan Nomor: Juklak/30/IV/2022 tentang Kebijakan Akuntansi di lingkungan Kemhan dan TNI.

"Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku sangat diperlukan untuk memberikan kepastian pengaturan penyelenggaraan akuntansi dan pelaporan keuangan yang berdasarkan prinsip-prinsip, dasar, konvensi, aturan-aturan, serta praktek-praktek spesifik yang dipilih dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI," katanya.

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda