Hadapi Era Industri 4.0, SMKN 4 Kota Bima Laksanakan Pelatihan Penggunaan Website untuk KBM - Alif MH - Info

Tuesday, April 13, 2021

Hadapi Era Industri 4.0, SMKN 4 Kota Bima Laksanakan Pelatihan Penggunaan Website untuk KBM

Hadapi Era Industri 4.0, SMKN 4 Kota Bima Laksanakan Pelatihan Penggunaan Website untuk KBM
Pelatihan Penggunaan Website untuk KBM oleh PT. Alif Muh Teknologi

Kota Bima, AlifMH.info - Pelaksanaan Pelatihan Penggunaan Website untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan di SMK Negeri 4 Kota Bima, yang diikuti oleh peserta dari guru dan pegawai TU. Pelatihan ini, Sesuai dengan undangan yang diedarkan Via WA pada Sabtu, 10 April 2021. Kegiatan pelatihan yang berlangsung tadi pagi pukul 09.00, Senin 12 April 2021, yang bertempat di ruang guru.


Dalam pengantarnya, mewakili Kepala Sekolah, Asikin, S.Pi, "menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada peserta (guru dan pegawai TU) atas partisipasinya dalam mengikuti Pelatihan Website dan Google Class Room, dan mengucapkan selamat datang kepada Direktur PT. Alif Muh Teknologi Bapak Muamar Fadlil, ST dan rekan atas kehadirannya untuk menjadi narasumber dan atau instruktur Pelatihan Website dan Google Class Room,"ujarnya di depan peserta.


Lebih lanjut dikatakannya," pelatihan website dan Google Class Room penting bagi kita sebagai pendidik, untuk meningkatkan skill dalam hal IT dan ini menjadi keharusan karena tuntunan di era yang penuh dengan sistem digitalisasi, apalagi pada masa pandemik covid ini, proses KBM masih menggunakan sistem daring. Ini salah satu bagian dari skill atau kemampuan IT yang harus dikuasai, dan harapanya semoga kegiatan pelatihan meningkatkan kemampuan kita  terutama penguasaan IT," harap Pak Asikin yang juga selaku Wakasek urusan Humas.


Hadapi Era Industri 4.0, SMKN 4 Kota Bima Laksanakan Pelatihan Penggunaan Website untuk KBM
SambutanWakasek Urusan Humas SMKN 4 Kota Bima, Asikin S.Pi

Terakhir, kata Pak Asikin," permohonan maaf dari bapak kepala sekolah Drs. Faturrahman, M.Ak, tidak bisa hadir ditengah-tengah kita, karena beliau ada di luar daerah dalam rangka urusan dinas," ungkapnya mengakhiri sambutannya. 


Setelah acara dibuka dan menyampaikan pengantar, kesempatan sepenuhnya diberikan kepada Direktur PT. Alif Muh Teknologi sekaligus sebagai Instruktur atau narasumber. Pada kesempatan itu, Pak Mu'amar Fadil, menyampaikan mengenalkan daftar riwayat hidupnya dan mengenai bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaannya; Jasa Pembuatan Website, pemrograman aplikasi komputer dan android, Pelatihan K3L dan bidang Keteknikan, E-commerce, Website 'Portal Berita', Website Artikel, Robotik, IoT, UAV/Drone, Pemetaan Foto Udara 2D & 3D, dan Konsultan Sistem Manajemen (SMK3/ISO 45001, ISO 9001 dan ISO 14001).


Pak Amar kemudian menyampaikan materi Alasan/ motivasi orang belajar dan memiliki website, manfaatnya, implementasi penggunaan website, unsur-unsur website, dan cara mendapatkan penghasilan dari website, serta berbagi tips mengenali penipuan menggunakan website.


Lebih lanjut disampaikan," bahwa website penting untuk dunia pendidikan, karena sebagai media informasi, media promosi sekolah, KBM secara daring dan media aktualisasi diri. Kita juga bisa memperoleh penghasilan dari Google AdSense melalui website," jelas pak Amar panggilan akrabnya.


Setelah dijelaskan secara detail tentang website, barulah akan dipraktekkan penggunaan website. Namun sayang, akses jaringan internet tidak mampu dikoneksikan karena lemahnya sinyal internet di sekolah sehingga praktik penggunaan website ditunda. 


Sesuai dengan usulan dan harapan Pak Amar dan peserta saat diskusi akan ada follow up pertemuan selanjutnya di area kota Bima, sehingga praktik pelatihan website bisa dilaksanakan.


Diakhir acara itu, Pak Asikin selalu pembawa acara sekaligus moderator, menyampaikan," ucapan terima kasih kepada peserta dan tim dari PT. Alif Muh Teknologi atas kehadirannya di sekolah dan iapun menegaskan akan menyampaikan usulan dari pak Amar dan Guru-guru agar pertemuan selanjutnya diadakan di area kota Bima agar akses internetnya tidak menjadi kendala," ungkapnya mengakhir kegiatan pelatihan itu.


Informasi ini diliput oleh Asikin, S.Pi, Wakil Kepala Sekolah urusan Humas di SMKN 4 Kota Bima.


ا HS ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda