Tumbuhkan Cinta Budaya Lokal di Sekolah, Guru SDN 2 Dompu Kenakan ‘Tembe Nggoli’ Setiap Bulan - Alif MH - Info

Friday, April 2, 2021

Tumbuhkan Cinta Budaya Lokal di Sekolah, Guru SDN 2 Dompu Kenakan ‘Tembe Nggoli’ Setiap Bulan

Tumbuhkan Cinta Budaya Lokal di Sekolah, Guru SDN 2 Dompu Kenakan ‘Tembe Nggoli’ Setiap Bulan
Guru SDN 2 Dompu Kenakan ‘Tembe Nggoli’ Setiap Bulan di Sekolah

Kab. Dompu, AlifMH.info - Kamis 01 April 2021, SDN 2 Dompu perdana melaksanakan rutinitas baru mengharusan dewan guru mengenaan ‘Tembe Nggoli’ yaitu sarung tenun adat mbojo (Bima-Dompu). Tujuannya agar budaya lokal tetap lestari dan tidak hanya muncul saat acara seremonial / momen tertentu saja, melainkan dapat menjadi kebiasan dalam hari kerja.

 

Sehingga kecintaan terhadap adat budaya daerah bukan hanya cerita atau teori saja tapi langsung dipraktikkan. Selain itu, juga membantu promosi produk para pegiat ekonomi Kreatif UMKM (khususnya tembe nggoli) di Dompu dan Bima.

 

SDN 2 Dompu merupakan salah satu sekolah Dasar Negeri favorit di Kab. Dompu, juga menjadi sample sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka saat pandemi Covid-19.

 

Jumlah keseluruhan guru PTT GTT dan penjaga adalah 57 orang, sedangkan jumlah siswa sekitar 600 orang.

 

Kepala sekolah, Rudy Hartono, S.Pdi saat diwawancarai (01/04/2021) menjelasan, “Saya merasa bangga dan berterima kasih atas kerjasama dan kekompakan seluruh Dewan Guru SDN 2 Dompu dalam mensukseskan kegiatan ini. InshaaAllah rutinitas tersebut akan dilaksanaan setiap 1 kali dalam sebulan, agar kita selalu mencitai Budaya Lokal. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi sekolah yang lain.”

 

Terakhir Rudy Hartono menambahkan, “Bukan saja untuk dewan guru, InshaaAllah kedepan akan diberlakukan juga kepada seluruh siswa-siswi sebagai wujud nyata pratik pembelajaran Mulok (Muatan Lokal) sekaligus penanaman nilai budaya lokal. Sebab mereka akan menjadi penerus bangsa, harus tumbuh mencintai serta bangga dengan budayanya sendiri. Bersama kita Bisa.”

 

Salah satu Guru, Wasidan, S.Pd memberi komentar, “Perdana ditetapkan dalam hari kerja menggunakan Tembe Nggoli, saya Bahagia dan Bangga sekali karena ditengah-tengah terjadinya pengkulturasian/ penggeseran  budaya, kami SDN 2 Dompu mampu untuk menepisnya. Bissmillah … Dari SDN 2 Dompu untuk NTB Gemilang dan Indonesia.”

 

“Kalau bukan kita yang memulainya siapa lagi? dan kalau bukan sekarang dimulainya kapan lagi?,” pungkas Wasidan.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda