Briket, Solusi "Gunungan" Sampah di TPA Mrican Ponorogo - Alif MH - Info

Wednesday, September 15, 2021

Briket, Solusi "Gunungan" Sampah di TPA Mrican Ponorogo

Briket, Solusi "Gunungan" Sampah di TPA Mrican
Briket dari Sampah di TPA Mrican Ponorogo


Ponorogo, AlifMH.info - Permasalahan "gunungan" sampah di TPA Mrican Ponorogo akhirnya ditemukan solusinya. Solusi efektif dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo, dengan mengolah sampah menjadi bahan bakar alternatif, briket.

"Sampah menggunung yang hanya menjadi masalah, sekarang ada solusinya. Ke depan Gunung sampah menjadi tidak ada. Sehingga Ponorogo akan zero waste," tutur Kang Giri, sapaan akrab Bupati Ponorogo, ketika bersama Wakil Bupati meninjau uji coba Alat Tepat Guna pembuat briket.

 

Kang Giri menjelaskan dalam pengolahan sampah di TPA Mrican, sampah plastik dan organik bisa dijadikan bijih plastik dan pupuk organik. Namun masih ada sekitar 37 persen hasil pilahan yang tidak bisa dimanfaatkan. 37 persen pilahan sampah ini yang akan diolah menjadi briket.

 

TPA Mrican saat ini memiliki 4 Alat pengolah sampah menjadi briket. Dengan 4 alat tersebut, TPA Mrican diprediksi dalam 1 hari mampu mengolah 40 ton sampah menjadi briket.

 

"Itu ada mesin pemilah, plastik dipilah plastik. Organik seperti sayur menjadi granul (red.pupuk organik), dan yang tidak bisa diolah menjadi briket," ungkapnya.

 

Tidak hanya mengatasi permasalahan sampah, briket bisa dimanfaatkan menjadi alternatif bahan bakar industri dan menjadi sumber pendapatan daerah melalui PAD.

 

"Akeh seng pesen, pabrik plastik, pabrik kertas, pabrik krupuk. Ke depan kita tawarkan ke PLN sebagai pendamping batu bara," pungkasnya.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda