Jadikan Daerah Layak Anak, DPPPA Kota Bima Adakan Sosialisasi TPPO - Alif MH - Info

Thursday, September 30, 2021

Jadikan Daerah Layak Anak, DPPPA Kota Bima Adakan Sosialisasi TPPO

Jadikan Daerah Layak Anak, DPPPA Kota Bima Adakan Sosialisasi TPPO
Acara Sosialisasi TPPO oleh DPPPA Kota Bima

Kota Bima, AlifMH.info - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bima (DP3A) mengadakan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak dan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) pada hari Kamis, 30 September 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor SKB Kota Bima dan diikuti oleh sedikitnya 50 peserta.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak, serta untuk meningkatkan upaya dalam perlindungan dan tetap menjadikan Kota Bima sebagai daerah layak anak.

Dalam sosialisasi ini turut hadir Juhriaty S. H, M. H, selaku ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima. Beliau menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti maraknya kasus kekerasan pada anak di Kota Bima. Selain itu, Juhriaty juga mengatakan bahwa  kasus kekerasan pada anak terus meningkat tiap tahunnya, dan umumnya kekerasan dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti keluarga.

"Kasus kekerasan pada perempuan dan anak bisa diibaratkan seperti gunung es, terlihat sedikit padahal sebenarnya sangat banyak dan itu sulit terdeteksi," ujarnya. Beliau menambahkan hal itu bisa terjadi karena kurangnya pemahaman tentang konsep kekerasan itu sendiri dan menjadikannya hal biasa.

Menurutnya, pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak bukan hanya tanggung jawab dari Dinas Sosial P3A, akan tetapi menjadi tugas bersama dalam mewujudkan keamanan pada anak dan perempuan. Dalam hal ini tentu tidak lepas dari peran penting keluarga dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perempuan dan anak.

Melalui kesempatan ini juga beliau menjelaskan tentang bagaimana cara pencegahan yang tepat dan penanganannya jika terjadi kasus kekerasan disekitar lingkungan tempat tinggal. Adanya LPA mempermudah untuk melapor apabila ada tindakan kekerasan yang terjadi.

Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan materi tentang permasalahan perdagangan orang dan bentuk-bentuknya. 

Pak Ja'far selaku ketua UPT. Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Bima menyampaikan harapan beliau dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa terus menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta  berbagai pihak tentang masalah perlindungan anak dan perdagangan orang. 

ا WA ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda