BC Makassar dan Pemda Kepulauan Selayar Laksanakan Sosialisasi DBHCHT sebagai Pendukung Bidang Penegakan Hukum - Alif MH - Info

Thursday, October 21, 2021

BC Makassar dan Pemda Kepulauan Selayar Laksanakan Sosialisasi DBHCHT sebagai Pendukung Bidang Penegakan Hukum

Acara Sosialisasi Ketentuan Perundang-undangan di Bidang Cukai T.A. 2021 Kab. Kepulauan Selayar


Selayar, AlifMH.info - Bea Cukai Makassar berkunjung ke salah satu pulau paling selatan Sulawesi. Bersama pemerintah setempat, dilaksakan sinergi Program DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau). Kamis, (21/10/2021).

Acara dibuka dengan sambutan Bupati Kepulauan Selayar yang disampaiakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Arfang Arief dengan pesan bahwa mari kita bekrja keras, bekerja cerdas, bekeras ikhlas dalam membangun daerah tercinta Kabupaten kepulauan Selayar. Harapan agar instansi yang hadir dalam sosialisas ini terus menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sehingga perekonomian bisa lebih meningkat di masa yang akan datang.

Pejabat Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Abdul Talib, menyampaikan materi terkait prioritas penggunaan DBHCHT. Dalam tahun ini, 50% alokasi DBH CHT baik dalam tahun berjalan maupun sisa tahun sebelumnya wajib diberikan untuk bidang kesejahteraan masyarakat, 25% digunakan untuk penegakan hukum, dan 25% untuk Kesehatan. Dari alokasi 50% DBH CHT 2021 untuk bidang kesejahteraan masyarakat dibagi lagi menjadi 35% harus digunakan untuk pemberian bantuan langsung tunai kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok, bantuan pembayaran iuran jaminan perlindungan produksi tembakau bagi petani tembakau, serta subsidi harga tembakau. 15% sisanya wajib dipakai untuk kegiatan peningkatan kualitas bahan baku.

Suasana Sosialisasi Ketentuan Perundang-undangan di Bidang Cukai T.A. 2021 Kab. Kepulauan Selayar



Selain dilaksanakan secara tatap muka, kegiatan sosialisasi juga dihadiri secara daring oleh Kepala Bagian Sarana Perekonomian dan Sumber Daya Alam Provinsi Sulawesi Selatan, Hijir Ismail A. Rasyad

Diharapkan dengan pelaksanaan sosialisasi ini, sinergi antar instansi semakin erat dan dapat meningkatkan optimalisasi DBHCHT yang dialokasikan ke pemerintah daerah dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

[ ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda