Pesawat CN235-220 Milik PTDI Sukses Uji Terbang Flying Test Bed (FTB) Menggunakan Bahan Bakar Bioavtur - Alif MH - Info

Wednesday, October 6, 2021

Pesawat CN235-220 Milik PTDI Sukses Uji Terbang Flying Test Bed (FTB) Menggunakan Bahan Bakar Bioavtur

Pesawat CN235-220 Milik PTDI Sukses Uji Terbang Flying Test Bed (FTB) Menggunakan Bahan Bakar Bioavtur
Seremonial Keberhasilan Uji Terbang Pesawat CN235-220 Flying Test Bed (FTB) Milik PTDI Menggunakan Bahan Bakar Bioavtur


Tangerang, AlifMH.info - Telah dilaksanakan seremonial keberhasilan uji terbang Pesawat CN235-220 Flying Test Bed (FTB) milik PTDI menggunakan bahan bakar Bioavtur di Hanggar 2 PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF). Rabu, (06/10/2021).

Serangkaian uji teknis telah dilakukan hingga pelaksanaan uji terbang dari tanggal 08 September 2021 s/d 06 Oktober 2021.

Penggunaan bahan bakar nabati Bioavtur merupakan salah satu strategi yang didorong Pemerintah untuk percepatan implementasi energi baru terbarukan (EBT) demi pencapaian target bauran energi EBT 23% di 2025 dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Keberhasilan ini akan menjadi tahap awal dalam peningkatan kontribusi Bioavtur di sektor transportasi udara dalam rangka meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional. 

Kegiatan ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Hilirisasi Industri Katalis dan Bahan Bakar Biohidrokarbon yang dikoordinasikan oleh Kementerian ESDM RI, serta termasuk dalam etalase Prioritas Riset Nasional (PRN) Pengembangan Teknologi Produksi Bahan Bakar Nabati berbasis Minyak Sawit dan Inti Sawit, yang dikoordinasikan oleh Badan Riset & Inovasi Nasional (BRIN).

“Dengan diberikannya kepercayaan dari konsorsium pengembangan Bioavtur J2.4 untuk menggunakan bahan bakar bioavtur di pesawat CN235-220 FTB, diharapkan dapat mendukung pemanfaatan bahan bakar nabati di sektor industri kedirgantaraan dan dapat meningkatkan kemandirian energi, terutama kombinasi antara penggunaan avtur dengan minyak kelapa sawit,” kata Gita Amperiawan, Direktur Niaga, Teknologi & Pengembangan PTDI.

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda