Persiapan Pembangunan Bendungan di Sori Na'a, Pemerintah Desa Nangakara Adakan Musyawarah Pembentukan GP3A - Alif MH - Info

Wednesday, January 13, 2021

Persiapan Pembangunan Bendungan di Sori Na'a, Pemerintah Desa Nangakara Adakan Musyawarah Pembentukan GP3A

Persiapan Pembangunan Bendungan di Sori Na'a, Pemerintah Desa Nangakara Adakan Musyawarah Pembentukan GP3A
Musyawarah Pembentukan GP3A Desa Nangakara


Kab. Dompu, AlifMH.info - Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan membangun Bendungan di Sungai Na’a (Sori Na'a) tepatnya di Desa Nangakara, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB.


Dibangunnya bendungan tentu memiliki manfaat bagi masyarakat, diantaranya; menyediakan air baku bagi lingkungan sekitar, pengairan irigasi, menanggulangi banjir, dan sebagai pembangkit listrik.


Dalam menghadapi rencana besar tersebut, pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2020, Pemerintah Desa Nangakara Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu melaksanakan musyawarah tentang Revitalisasi Kepengurusan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Desa Nangakara, yang dihadiri oleh semua unsur Desa Nangakara. 


Musyawarah tersebut dipimpin oleh Iryanto selaku kepala Desa Nangakara dan notulen rapat Sekertaris Desa Nangakara Nukrah, S.Pd. Narasumber musyawarah tersebut yaitu; Julian Ansori, ST dari unsur Konsultan Institutional Strengtherning In Agriculture and Irrigation (ISAI) NTB NTT Regional VII, Muhamad, A.Md dari unsur koordinator Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), Syaiful Bakri dari unsur TPM Sorina’a-Nangakara, dan Ihwan dari unsur TPM Latonda Pekat. 


Setelah dilakukan pembahasan dan didiskusikan mengenai rencana pembangunan Bendungan, selanjutnya semua unsur yang hadir menyetujui serta memutuskan beberapa hal yang menjadi keputusan akhir dari musyawara desa, salah satunya menetapkan kepengurusan GP3A Sorina’a daerah irigasi Sorina’a; Fajrin sebagai Ketua, Dedi Haryadi sebagai Sekretaris, Mardi sebagai Bendahara, dan Rabiatun Adwiah sebagai Seksi Usaha / SAPRODI. 


Pembangunan bendungan sendiri membutuhkan proses dengan waktu yang tidak singkat.


“Bendungan ini bangunan yang sangat kompleks dan kita sangat berhati-hati membangunnya,” ucap Dedi Haryadi selaku Sekretaris kepengurusan GP3A daerah irigasi Sorina'a saat diwawancarai, Selasa (12-01-2021). 


Dedi juga menambahkan, “Harapan kami untuk kedepan dengan ada progres ini bisah mensejahterahkan masyarakat pada umumnya khususnya Desa Nangakara, Kecematan Pekat, Kabupaten Dompu.”


ا AR]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda