Tim SIGAB PPPA Daarul Qur’an Siapkan 1.000 Porsi Makanan Per Hari untuk Masyarakat Terdampak Gempa Majene-Mamuju - Alif MH - Info

Saturday, January 23, 2021

Tim SIGAB PPPA Daarul Qur’an Siapkan 1.000 Porsi Makanan Per Hari untuk Masyarakat Terdampak Gempa Majene-Mamuju

Tim SIGAB PPPA Daarul Qur’an Siapkan 1.000 Porsi Makanan Per Hari untuk Masyarakat Terdampak Gempa Majene-Mamuju
Pencarian Korban Gempa Majene-Mauju


SULBAR, AlifMH.info - Gempa dengan magnitudo 6,2 mengguncang Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (SULBAR). Beberapa infrastruktur rusak akibat gempa dahsyat itu.

 

Gempa terjadi di Majene, dengan kekuatan M 6,2. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurut BMKG, gempa terjadi pada Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WIB.

 

Lokasi gempa ada di koordinat 2,98 lintang selatan dan 118,94 bujur timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa juga terasa hingga Mamuju.

 

Dikutip Antara, korban meninggal dunia akibat gempa di Sulawesi Barat bertambah menjadi 91 jiwa. Angka tersebut didapat berdasarkan data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (21/1/2021) pukul 08.00 WIB.

 

"Korban meninggal 91 jiwa, hilang tiga orang, luka berat 253 orang, luka ringan 679 orang, dan luka sedang 240 orang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Antara.

 

Selain itu, diinformasikan bahwa warga yang mengungsi terdapat sejumlah 9.910 jiwa.

 

Pengungsi tersebar di beberapa titik pengungsian dengan rincian Kabupaten Mamuju teridentifkasi sementara lima titik seperti di Jalu, Stadion Mamuju, Gerbang Kota Mamuju, Tapalang, dan Kantor Bupati.

 

Sementara di Kabupaten Majene ada dua titik teridentifikasi yaitu di SPN Malunda dan Desa Sulet Malunda.

 

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an sampai saat ini masih mendampingi masyarakat terdampak gempa di Majene-Mamuju, Sulawesi Barat sedari pekan lalu. Salah satu aktivitas rutin yang dilakukan tim di pengungsian yakni menyediakan makanan sebanyak 1.000 porsi setiap harinya.


PPPA Daarul Qur’an merupakan lembaga pengelola sedekah yang berkhidmat pada pembangunan masyarakat berbasis tahfizhul Qur’an yang berlokasi di Graha Daarul Qur'an, Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21, Jl. Hos Cokroaminoto, Karang Tengah - Tangerang.


Tim SIGAB PPPA Daarul Qur’an Siapkan 1.000 Porsi Makanan Per Hari untuk Masyarakat Terdampak Gempa Majene-Mamuju
Aktivitas Tim SIGAP PPPA Daarul Qur’an


Selain itu, tim SIGAB juga masih membantu membersihkan reruntuhan bangunan dan menggelar aksi trauma healing untuk warga khususnya anak-anak yang masih trauma usai gempa menimpa. Sebagian dari mereka sampai saat ini masih bertahan di pengungsian karena rumah yang hancur tak tersisa.

 

Kebutuhan yang masih mendesak di sana yakni kebutuhan untuk bayi, lansia dan logistik lainnya.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda