Sambut HUT NTB ke-63, KPH Marowa Inisiasi Kegiatan Penanaman Pohon Serentak Turus Jalan Bima-Sumbawa - Alif MH - Info

Thursday, December 16, 2021

Sambut HUT NTB ke-63, KPH Marowa Inisiasi Kegiatan Penanaman Pohon Serentak Turus Jalan Bima-Sumbawa

Sambut HUT NTB ke-63, KPH Marowa Inisiasi Kegiatan Penanaman Pohon Serentak Turus Jalan Bima-Sumbawa
Kegiatan penanaman pohon serentak sepanjang turus jalan Bima-Sumbawa, di Desa Sanolo, Kec. Bolo, Kab. Bima

Bima, AlifMH.info - Dalam rangka menyambut peringatan HUT NTB ke-63, Balai KPH Madapangga Rompu Waworada (Marowa) laksanakan penanaman pohon serentak sepanjang turus jalan Bima-Sumbawa, di Desa Sanolo, Kec. Bolo, Kab. Bima. Kamis, (16/12/2021).

Pohon yang ditanam sejumlah 310 pohon dengan jenis tanaman yaitu Ketapang Kencana, Beringin dan Mimba.

Turut hadir dalam kegiatan itu diantaranya Kapolsek Bolo yang mewakili Kapolres Bima, Koramil yang mewakili Dandim, Geopark Tambora dan Komunitas Jao Bima.

Kepala KPH Marowa Sirajudin, S.Hut. M.Eng mengungkapkan, "Penanaman pohon pada turus jalan dimaksudkan selain untuk keindahan dan rest area bagi pengguna jalan, juga untuk mengajak masyarakat untuk menjaga hutan dan lingkungan agar terwujud NTB Hijau dan Asri."

Salah seorang peserta Pak Mus yang mewakili Geopark Tambora merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut, mengingat daerah Bima sedang dihadapkan dengan isu lingkungan hilangnya pohon tempat resapan air.

Dikutip dari kumparan.com, Pakar Biologi Tanaman dari Fakultas Biologi UGM, Diah Rachmawati mengatakan bahwa akar pohon sebenarnya menyerap air dari tanah hanya untuk kebutuhannya sendiri dalam melakukan fotosintesis. Tapi ketika tanah atau lingkungan di sekitarnya kering, misalnya karena sedang musim kemarau, akar pohon ternyata bisa mengeluarkan air yang dia kandung supaya lingkungan di sekitarnya tetap lembab sebagai upaya penundaan dehidrasi pada pohon.

Dengan adanya pori-pori pada tanah yang disebabkan karena adanya akar pohon, air hujan akan terserap dan terikat di dalam pori-pori tersebut, tidak sekadar menjadi air limpasan. Itu kenapa, daerah-daerah yang terdapat mata air jenis tanahnya memiliki pori-pori besar.

[ ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda