TK M Hilir Ismail (MHI) Gelar Pentas Seni di Meseum Asi Mbojo - Alif MH - Info

Saturday, June 18, 2022

TK M Hilir Ismail (MHI) Gelar Pentas Seni di Meseum Asi Mbojo

TK M Hilir Ismail (MHI) Gelar Pentas Seni di Meseum Asi Mbojo
TK M Hilir Ismail (MHI) Gelar Pentas Seni di Meseum Asi Mbojo

Kota Bima, AlifMH.info - Dalam rangka perpisahan (pelepasan) siswa Angkatan IV Taman Kanak - Kanan (TK) M. Hilir Ismail (MHI) Kota Bima Tahun Pelajaran (Tapel) 2021-2022 yang berlangsung di teras utama Meseum Asi Mbojo Sabtu (18/06/2022) sebanyak 43 siswa.

Menariknya, pentas seni dan pembacaan bintang karakter Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak (SP) TK M. Hilir Ismail Angkatan Ke-IV ini selain serentak menggunakan seragam adat Bima, akan tetapi juga menampilkan keceriaan dan kehebatan para siswanya yang masih tergolong usia belita tersebut. Mulai dari pembaca acaranya (MC) saja, dibawakan langsung oleh para siswa yang masih usia TK dimaksud.

Pada pra acara, para siswa Sekolah Penggerak ini menampilkan kebolehannya seperti;

Pentas seni Tari "Wura Bongi Monca"

Pentas seni Gerak dan Lagu "Kuy Hijrah'

Pentas seni Tari "Buja Kadanda"

Pentas seni "Senam Profil Pelajar Pancasila"

Pentas seni Tari 'Dambe-Dambe"

Pentas seni Tari "Serau Mantika"

Pentas seni Gerak dan Lagi "Asmaul Husna"

Menurut Kepala Sekolah Penggerak (SP) TK. M. Hilir Ismail Masitah SE, S. Pd pada Alif MH - Info mengatakan bahwa pentas seni ini digelar sebagai ajang unjuk kreatifitas peserta didik kami, dimana selama 3 minggu sudah melakukan persiapan untuk menghadapi pentas seni ini dan anak-anak melakukannya dengan gembira mulai dari kelompok play grup sampai TK. "Hari ini anak-anak menampilkan 8 pertunjukan pentas seni yang diawali dengan tari wura bongi monca, gerak, lagu perpisahan dan ditutup dengan mars MHI," ujarnya.

Lanjutnya, ada yang berbeda pertunjukan para siswa MHI dengan sekolah lainnya, yakni tidak menggunakan toga dan jubah untuk pelepasan peserta didik (wisuda), akan tetapi pihaknya menyematkan pakaian adat dan budaya Bima.  "Sambolo dan Weri" bagi anak laki-laki dan pemasangan "Jungge serta Kondo Loi" bagi anak-anak perempuan.

Kata Ibu Masitah ini, pada jenjang TK tidak ada wisuda karena essensi wisuda harusnya untuk para mahasiswa yang sudah selesai masa kuliahnya. Selain itu, tujuan penyematan ini bermaksud untuk menamakan cinta kearifan lokal pada peserta didik sesuai dengan "Visi Misi Sekolah", terwujudnya generasi cerdas, ceria, kreatif islami berbudaya Maja Labo Dahu.

Acara perpisahan dan pentas seni siswa ini juga dihadiri Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima Zainudin, S. Pd. Dalam sambutannya, Zainudin menuturkan, atas nama dinas dirinya sangat mengapresiasi dengan yang dilakukan oleh Sekolah Penggerak KB/TK M. Hilir Ismail dan Kabid PNFI ini juga mengajak semua orang tua agar tidak segan-segan untuk mendaftarkan anak-anaknya di sekolah ini, karena memang sekolahnya sudah teruji secara kualitas dan bisa dilihat dari kompetensi peserta didik dan pendidiknya, singkat Kabid PNFI Zainudin.

ا K ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda