Pertemuan dengan Dewan ‘‘Smart City’’, Walkot: Kota Palu Harus Menjadi ‘Smart City’ - Alif MH - Info

Tuesday, March 2, 2021

Pertemuan dengan Dewan ‘‘Smart City’’, Walkot: Kota Palu Harus Menjadi ‘Smart City’

Pertemuan dengan Dewan ‘‘Smart City’’, Walkot: Kota Palu Harus Menjadi ‘Smart City’
Pertemuan Pemerintah Kota Palu dengan Dewan ‘‘Smart City’’

Kota Palu, AlifMH.info - ‘Smart City’ merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

 

Gambaran menjadi agenda dalam pertemuan dengan dewan ‘Smart City’ bersama dengan Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, SE dan Wakil Wali Kota Palu dr. Reny A. Lamadjido, M.Kes. Ikut pula mendampingi Sekda Kota Palu H. Asri SH di ruang rapat Bantaya kantor wali kota palu pada Selasa 02-03-2021 pukul 10.00 wita.

 

Hadir pula tim konsultan ‘Smart City’ dari Institut Teknologi Bandung (ITB), seluruh kepala OPD dan stakeholder terkait lainnya beserta tim ahli wali kota palu.

 

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid SE saat membuka rapat menyampaikan bahwa kota palu harus menjadi ‘Smart City’ dan salah satu manfaatnya adalah berimbas kepada kesejahteraan masyarakat di wilayah kota palu.

 

Olehnya perlu perencanaan yang matang untuk kota palu dan tujuannya kita tidak ingin menyaingi kota kota lain akan tetapi tujuannya hanya untuk kota palu sehingga sinergi semuanya bisa saling berkolaborasi.

 

"Semua hal yang bisa dicapai, perubahan yang betul betul nyata  kita harus maju. Olehnya marilah kita selalu berpikir positif. Pandangan dan pikiran kita juga harus positif dan jangan berpandangan negatif  pasti kita tidak akan maju," ucap Walkot Palu.

 

Sementara itu, koordinator tim ‘Smart City’ ITB Jimmy ST MM menyebutkan bahwa ‘‘Smart City’’ merupakan area perkotaan yang menggunakan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan data.

 

Data tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai wawasan untuk mengelola aset. Konsep dari ‘Smart City’ adalah dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan berbagai perangkat IoT untuk mengoptimalkan efisiensi operasi dan layanan kota, serta terhubung dengan warga.

 

Tentunya gambaran ini sangat cocok diterapkan di kota palu. Olehnya harus ada arahan dan acuan yang jelas seperti pada model kota cerdas, smart ekonomi, birokrasi dan keuangan serta infrastruktur.

 

Pertemuan tersebut diliput oleh yusuf staf bagian protokol dan komunikasi pimpinan Setda Kota Palu, Kasub Humas Muh Rum, Kasub Protokol Nizam Ali, Kabag Protokol dan Komunikasi Setda Kota Palu Goenawan.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda