KPK Lakukan Diskusi Membahas Sinergi Pemberantasan Korupsi dengan DPRD Provinsi Jawa Barat - Alif MH - Info

Monday, March 22, 2021

KPK Lakukan Diskusi Membahas Sinergi Pemberantasan Korupsi dengan DPRD Provinsi Jawa Barat

KPK Lakukan Diskusi Membahas Sinergi Pemberantasan Korupsi dengan DPRD Provinsi Jawa Barat
Diskusi Membahas Sinergi Pemberantasan Korupsi antara KPK dengan DPRD Provinsi Jawa Barat

Bandung, AlifMH.info - KPK melalui Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah II, melakukan diskusi dengan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) membahas sinergi pemberantasan korupsi, Bandung, Senin, 22 Maret 2021.

 

Ada 6 (enam) program bidang pencegahan korupsi dalam fungsi korsup KPK. Satu, tata kelola pemerintahan. Ada 8 area intervensi dalam program ini, yaitu (1) Perencanaan dan Penganggaran APBD, (2) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), (3) Perizinan, (4) Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), (5) Manajemen ASN, (6) Manajemen Barang Milik Daerah (BMD), (7) Optimalisasi Pajak Daerah, dan (8) Tata Kelola Dana Desa.

 

Dua, sertifikasi dan penertiban Aset. KPK memandang sertifikasi sebagai bentuk pengamanan aset dan penertiban aset bermasalah, yaitu dikuasai pihak ketiga; daerah pemekaran; Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen atau P3D; tumpang tindih; Prasarana Sarana Utilitas atau PSU.

 

Tiga, penanganan Covid-19, yang terkait dengan dana bantuan sosial dan penanganan pasien. Empat, inovasi optimalisasi pajak daerah, dalam rangka meningkatkan pajak daerah. Lima, peningkatan kompetensi APIP. KPK mendukung pelatihan APIP, yang bekerja sama dengan BPKP, dengan berfokus pada pelatihan (1) Audit Investigasi, (2) Probity Audit, dan (3) Pengadaan Barang dan Jasa.

 

Enam, optimalisasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dimana KPK mendesak optimalisasi peran BUMD bagi pemerintah daerah (pemda), pengelolaan BUMD yang sehat, dan implementasi program-program pencegahan korupsi di dalam kelembagaan BUMD.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda