‘Lentera Donggo’, Rangkul Generasi Milenial untuk Mengembangkan Diri dan Daerah - Alif MH - Info

Sunday, February 28, 2021

‘Lentera Donggo’, Rangkul Generasi Milenial untuk Mengembangkan Diri dan Daerah

‘Lentera Donggo’, Rangkul Generasi Milenial untuk Mengembangkan Diri dan Daerah
Kegiatan ‘Lentera Donggo’

Bima, AlifMH.info - Melihat persoalan sosial dan keprihatinan atas kebudayaan Donggo yang terus tergerus oleh globalisasi dan teknologi informasi khususnya terhadap kehidupan social pemuda, komunitas ‘Lentera Donggo’ hadir menjadi wadah tempat berkumpul dan mengembangkan diri para generasi milenial Donggo-Soromandi.

 

Menjadi tempat bertemunya banyak kepala kaum muda untuk melahirkan gagasan baru, serta membantu kawan-kawan muda untuk menemukan dirinya sendiri dengan segala potensi yang ada pada mereka.

 

Komunitas ‘Lentera Donggo’ berada di Dusun Sarita, Desa Punti, Kecamatan Soromandi, Kab. Bima. Didirikan oleh Leny Lestari yang merupakan seorang Bidan Desa Punti sejak tahun 2020.


‘Lentera Donggo’, Rangkul Generasi Milenial untuk Mengembangkan Diri dan Daerah
Logo 'Lentera Donggo'

Melihat ketulusan suaminya yang berniat mewakafkan dirinnya mengabdi untuk Bumi dan Tanah Donggo sebagai tanah kelahirannya, ingin mewujudkan mimpi sosialnya terhadap upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda secara berkelanjutan. Leny Lestari pun serius membantu sang suami mengelola komunitas ‘Lentera Donggo’.

 

Saat ini ‘Lentera Donggo’ di kelola oleh 8 orang, yaitu:

·      Pembina                                        : Apen Makese

·      Owner                                            : Leni Lestari

·      Divisi Tenun                                                 : Firman J.

·      Divisi Kaos                                     : Nurfebi Yani

·      Produksi Snack                           : Arnining

·      Pengelola Kedai Kahawa        : Irmansyah

·      Sepatu Lukis                                : Ril Ma'arif

·      Kreator Konten                          : Rony Permisi

 

Selain pengurus tersebut juga banyak pemuda/i yang saat ada waktu luang mereka ikut bergabung dalam kegiatan ‘Lentera Dongo’.

 

‘Lentera Dongo’ juga menjalin kemitraan dengan Sisilia Sarni penenun asal mbawa dan Muhammad Izzul Islam pemasok kopi tambulate kopi has donggo.

 

“Kegiatan kami selama ini diantaranya; melakukan survei bersama melihat potensi Desa dan mengajak kawan-kawan muda untuk mengembangkan diri serta percaya pada kemampuan mereka sendiri, dengan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman,” ucap Leni Lestari saat diwawancarai Ahad, (28/02/2021).

 

Leni lanjut menyampaikan, “Fokus utama kegiatan kami yaitu ingin memperkenalkan potensi Donggo di seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu kami berharap kedepan pemerintah bisa berkolaborasi dengan kami, juga dengan siapapun, dan dalam bentuk apapun. Tidak harus dengan ‘Lentera Donggo’.”

 

“Untuk kaum muda dan masyarakat, semoga bisa mandiri, berdikari memanfaatkan seluruh potensi diri dan alamnya untuk kemaslahatan manusia. Harapan yang paling besar kami adalah kita serius menjadi manusia yang memahami satu sama lain sebagai makhluk hidup,” pungkas Leni.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda