Raker Pelaksanaan Program BKSU Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021, Hasilkan 3 Point Penting - Alif MH - Info

Thursday, February 18, 2021

Raker Pelaksanaan Program BKSU Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021, Hasilkan 3 Point Penting

Raker Pelaksanaan Program BKSU Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021, Hasilkan 3 Point Penting
Rapat Kerja Pelaksanaan Program BKSU Bidang Kelautan dan Perikanan Tahun 2021

Bolaang Mongondow Utara, AlifMH.info - Kamis, 18 Februari 2021, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP Membuka Secara Resmi Kegiatan Rapat Kerja Pelaksanaan Program Badan Kerja Sama Utara Utara (BKSU) Bidang Kelautan dan Perikanan tahun 2021 yang bertempat di Aula Gedung Wanita Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut Kecamatan Kaidipang.

 

Disampaikan bahwa tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mendorong akselerasi pembangunan di kawasan utara sulawesi dengan prinsip saling memperkuat sehingga diharapkan dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi meningkatkan kesejahteraan masyarakat memelihara kelestarian sumber daya alam serta lingkungan dan mewujudkan kawasan terateis nasional perbatasan dari aspek ekonomi wilayah.

 

Badan kerjasama utara utara ini ada 3 program unggulan yaitu pengembangan pertanian dan perikanan pengembangan potensi pariwisata dan program bidang kelautan dan perikanan.

 

Ketiga program unggulan tersebut tahun 2021 ini kembali di efektifkan melalui perencanaan program unggulan BKSU sebagaimana hasil rapat perdana BKSU tanggal 28 januari 2021 di kabupaten gorontalo utara, yaitu kesepakatan untuk mengagendakan rapat pada bulan febuari ini, dengan pembahasan program bersama serta penganggaran pada tahun 2021 dan tahun 2022, melalui pembagian peran pada masing masing daerah sebagai berikut:

·      Rapat pembahasan program bidang pertanian dan peternakan dilaksanakan di kabupaten buol.

·      Rapat pembahasan program bidang pariwisata dilaksanakan di kabupaten bone bolango.

·      Rapat pembahasan program bidang kelautan dan perikanan yang dilaksanakan di kabupaten bolmut pada hari ini.

 

Sehubungan dengan forum rapat bidang kelautan dan perikanan pada hari ini. Sebagaimana penyampaian Dirjen perikanan budidaya pada rapat teknis lingkup Dirjen yang menghasilkan 3 point penting yaitu:

·          Pertama, pengembangan budidiaya perikanan periode 2020-2024 menjadi prioritas dalam pembangunan sektor perikanan indonesai melalui mode klaster.

·          Kedua, badan kerjasama utara utara menjadi salah satu dari 50 titik prioritas untuk pegembagan kraster udang vaname.

·          Ketiga, tahun 2020 direktorat jenderal perikanan budidaya mengalikasikan percontohan pengembangan budidaya udang vaname setiap daerah 10 hektar di wilayah badan kerjasama utara utara di kabupaten bolmut, kabupaten Gorontalo utara, Kabupaten buol, dan kabupaten bone bolango.

·          Turut hadir Sekjen Badan Kerjasama utara utara, Sekda Kabupaten Buol, Kepala Bapelitbang dan kepala dinas kelautan dan perikanan di lingkungan pemerintah kabupaten bolmut, gorut, Buol, dan kabupaten bone bolango, dekan fakultas ilmu kelautan dan perikanan universitas negeri gorontalo serta peseta rapat.


ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda