Birokrasi Minim Struktur Kaya Fungsi, Bea Cukai Sulbagsel Gelar Bimbingan Teknis Angka Kredit Jabatan Fungsional - Alif MH - Info

Monday, February 22, 2021

Birokrasi Minim Struktur Kaya Fungsi, Bea Cukai Sulbagsel Gelar Bimbingan Teknis Angka Kredit Jabatan Fungsional

Birokrasi Minim Struktur Kaya Fungsi, Bea Cukai Sulbagsel Gelar Bimbingan Teknis Angka Kredit Jabatan Fungsional
Bea Cukai Sulbagsel Gelar Bimbingan Teknis Angka Kredit Jabatan Fungsional


Makassar, AlifMH.info - Sejak tahun 2020, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menerapkan kebijakan delayering, salah satunya dengan mentransformasikan beberapa jabatan struktural menjadi jabatan fungsional, dan di lingkungan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan 'Sulbagsel', penerapan jabatan fungsional adalah hal yang baru. Senin, 22 Februari 2021, Kanwil BC Sulbagsel gelar bimbingan teknis pengadministrasian angka kredit Jabatan Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai.

 

Parjiya, Kakanwil BC Sulbagsel menekankan dalam sambutannya bahwa, program delayering merupakan upaya institusi untuk menyelaraskan dengan arahan Presiden dalam mewujudkan birokrasi yang minim struktur, kaya fungsi, sehingga penting untuk dipahami bahwa idealnya perubahan jabatan struktural menjadi fungsional, secara konsep juga harus berubah, yakni mengedepankan prinsip kemandirian yang mendorong kompetisi sehat para pegawai dalam berkontribusi kepada institusi.

 

Birokrasi Minim Struktur Kaya Fungsi, Bea Cukai Sulbagsel Gelar Bimbingan Teknis Angka Kredit Jabatan Fungsional
Slide Materi Bimbingan Teknis Angka Kredit Jabatan Fungsional

Narasumber dari Kantor Pusat DJBC menjelaskan dengan rinci dalam tiga sesi paparan pengadministrasian jabatan fungsional pemeriksa. Mulai dari konsepsi jabatan fungsional, pengajuan angka kredit sampai dengan penilaian angka kredit yang dilengkapi dengan beberapa studi kasus, lengkap dikupas habis. Diskusi dalam sesi tanya jawabpun berlangsung dinamis dengan berbagai pertanyaan diajukan oleh para peserta untuk mendalami dan memahami materi.

 

Giat kali ini dihadiri oleh pengelola SDM dan pejabat fungsional dari seluruh unit kerja di lingkungan Kanwil DJBC Sulbagsel untuk memastikan pengelolaan angka kredit berlangsung tanpa kendala sehingga kebutuhan Pemeriksa Bea dan Cukai untuk membuka dan meniti karirnya dapat sejalan dengan kontribusi yang diberikan kepada institusi dan koridor yang ditetapkan institusi untuk membina dan mengembangkan sumber dayanya.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda