Sekolah Perempuan Mewujudkan NTB Gemilang - Alif MH - Info

Wednesday, February 17, 2021

Sekolah Perempuan Mewujudkan NTB Gemilang

Sekolah Perempuan Mewujudkan NTB NTB Gemilang
Dinas P3AP2KB NTB Memfasilitasi Pembentukan Sekolah Perempuan


Sumbawa, AlifMH.info - Kamis, 11 Februari 2020, Sekolah Perempuan sebagai sarana mendidik perempuan menuju NTB Gemilang dan mendukung tercapainya Indonesia maju.

 

Dinas P3AP2KB memfasilitasi Pembentukan Sekolah Perempuan dalam menunjang program unggulan NTB Gemilang khususnya Misi Sejahtera dan Mandiri di Provinsi NTB.


Pembentukan Sekolah Perempuan rencananya akan dibuka di 3 desa yaitu desa Cempi Jaya Kecamatan Hu’U Kabupaten Dompu, Desa Swute dan Desa Pukat Kecamatan. Utan Kabupaten Sumbawa.

 

“Sekolah Perempuan menjadi model alternatif yang dapat menjadi program unggulan di Provinsi NTB menuju Visi NTB Gemilang dan mendukung tercapainya Indonesia maju. Oleh karena itu dipandang perlu untuk membuka sekolah non formal seperti Sekolah Perempuan,” ujar Hj. Erni Suryani, S.Sos.,M.M Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan Dinas P3AP2KB Provinsi NTB.

 

“Pada prinsipnya, sekolah perempuan  bertujuan untuk 1) meningkatkan kualitas hidup perempuan; 2) menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak termasuk  TPPO; 3) memperkuat ketahanan keluarga; 4) melindungi anak dari eksploitasi; 5) perempuan bisa maju, mandiri dan sebagai agen perubahan” lanjut Bunda Erny.

 

Selanjutnya dijelaskan Bunda Ernya sasaran sekolah perempuan adalah yang rentan akibat korban tindak kekerasan termasuk korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Pekerja Migran Indonesia yang purna tugas.


Para peserta sekolah perempuan juga diutamakan mereka yang bertindak sebagai kepala keluarga, dengan harapan mereka dapat menentukan keputusan/kebijakan pembangunan di desa.

 

Sebagai follow up, akan diadakan pelatihan pelatih bagi edukator Sekolah Perempuan dengan kriteria calon edukator antara lain, memiliki komitmen, kompetensi, pengetahuan dan wawasan yang luas, waktu dan kesempatan yang disediakan untuk memberikan edukasi selama berlangsungnya sekolah perempuan.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda