Mari Mengenal Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta, Bima - NTB - Alif MH - Info

Friday, February 19, 2021

Mari Mengenal Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta, Bima - NTB

Mari Mengenal Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta, Bima - NTB
Bangunan Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta, Bima - NTB

Kab. Bima, AlifMH.info - Di Desa Simpasai Terdapat Pondok Pesantren Al-Iman, tepatnya di Jln. Lintas Tente-Parado, Desa Simpasai, Kec. Monta, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat. Pondok Pesantren tersebut sudah berdiri sejak 14 November 2017, dengan Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP): 502352060046.

 

“Alhamdulillah kini tenaga pendidik di Madrasah kami ada 12 orang dan staf tata usaha ada 4 orang, Jumlah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) berjumlah 59 orang dan siswa Madrasah Diniyah (MADIN) berjumlah 250 orang,” ucap Kepala Sekolah Madrasah, Hj. Rohana, S.Pd.I saat diwawancarai Jum’at (19/02/2021).


Mari Mengenal Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta, Bima - NTB
Pengajar, Staf dan Siswa/i Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta

Hj. Rohana menjelaskan visi Pondok Pesantren Al-Iman, ingin membentuk generasi muslim yang berilmu, beramal sholeh, berahlaqul karimah, terampil, kreatif dan berbudaya.

 

Dan ada 5 Misi untuk mewujudkan visi tersebut, yaitu:

1.        Menyelenggerakan pendidikan umum dan agama yang mengedapnkan peningkatan kualitas guru dan siswa di bidang imtek dan imbtaq;

2.        Mengembangkan dan mengamalkan nilai-nilai akhlaqul karimah yang sesuai dengan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari;

3.        Membina dan mengembangkan potensi siswa sehingga mampu dan kreatif dalam menghadapi tuntunan jaman inovatif dalam bidang sosial keagamaan, hafalan al-qur'an, budaya, bangsa dan bernegara;

4.        Menungkatkan kebiasaan berperilaku disiplin,bertanggung jawab dalam lingkungan pondok maupun masyarakat; dan

5.        Menerapkan managemen berbentuk pondok.

 

Hj. Rohana juga menambahkan, “Selain kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, juga ada kegiatan ekstra kurikular untuk siswa seperti kegiatan membaca Al Qur' an per Juz, pembinaan IMTAQ dan memberikan tugas hafalan.”


Mari Mengenal Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta, Bima - NTB
Kegiatan Pembinaan IMTAQ Siswa/i Pondok Pesantren Al-Iman Simpasai Monta

“Kami juga aktif mengikutkan siswa kami dalam kegiatan lomba-lomba seperti; lomba Tilawatil Qur' an tingkat Desa dan Kecamatan, Lomba Bacaan Sholat, Lomba ceramah singkat dan lomba Puisi Islami,” tambah Hj. Rohana.

 

Terakhir Hj. Rohana menyampaikan, “Mohon do’akan agar Pondok Pesantren kami kedepan jauh lebih berkualitas, sehingga mampu melahirkan generasi-generasi yang Hafiz dan Hafizah.”

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda