Dari Bawang Sampai Telor Asin, Brebes Miliki Banyak Potensi Ekspor - Alif MH - Info

Tuesday, February 16, 2021

Dari Bawang Sampai Telor Asin, Brebes Miliki Banyak Potensi Ekspor

Dari Bawang Sampai Telor Asin, Brebes Miliki Banyak Potensi Ekspor
Kepala Kantor Bea Cukai Tegal dan Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes Membahas PEN di wilayah Kabupaten Brebes

Brebes, AlifMH.info - Kepala Kantor Bea Cukai Tegal, Niko Budhi Darma, temui Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes untuk membahas berbagai hal guna menunjang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di wilayah Kabupaten Brebes.

 

Salah satu pembahasan utama yang mereka diskusikan adalah mengenai penggalian potensi ekspor di ranah UMKM Kabupaten Brebes. Menurut Sekertaris Daerah, Djoko Gunawan, Kabupaten Brebes memiliki banyak komoditas yang identik dan terkenal di seluruh wilayah Indonesia, diantaranya adalah produk bawang dan olahannya, salah satu unggulan olahan bawang unggulan di Brebes adalah pasta bawang yang tembus ekspor hingga Singapura.

 

Djoko mengungkapkan, bahwa Brebes sejatinya memiliki banyak komoditas yang ikonik, dari Bawang sampai Telor asin, Brebes miliki banyak potensi ekspor.

 

Selain bawang, Brebes juga terkenal dengan komoditas telor asin, bahkan beberapa toko di Brebes membuat kreasi dari telor asin olahannya. Menurut Djoko, perlu adanya pemetaan UMKM yang memiliki potensi ekspor, dan selanjutnya ditindaklanjuti dengan edukasi.

 

Menyambut baik niat tersebut, Niko mengusulkan agar UMKM yang memiliki potensi ekspor tersebut agar dikenalkan dengan LPEI (Lembaga Pendanaan Ekspor-Impor) agar diberikan edukasi mengenai bagaimana LPEI dapat mendanai ekspor, hingga mencari pasar yang sesuai di luar negeri.

 

Bea Cukai Tegal akan sangat terbuka untuk memfasilitasi edukasi tersebut, bahkan apabila dibutuhkan, Bea Cukai Tegal siap memberikan asistensi dan pendampingan sampai berhasil ekspor. Ungkap Niko.

 

Djoko menutup pertemuan dengan janji bahwa pihaknya akan segera merealisasi rencana-rencana tersebut dalam waktu dekat. Namun Djoko juga berharap bukan hanya pemerintah daerah yang aktif mencari potensi ekspor di wilayahnya, namun masyarakat juga perlu aktif mencari informasi dan mendatangi instansi terkait, agar pertemuan antara penerima fasilitas dan fasilitator dapat segera terjadi.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda