Menyambut Era Investasi Berkelanjutan, LPDP Kemenkeu Kolaborasi Bersama PT SMI - Alif MH - Info

Friday, February 12, 2021

Menyambut Era Investasi Berkelanjutan, LPDP Kemenkeu Kolaborasi Bersama PT SMI

Menyambut Era Investasi Berkelanjutan, LPDP Kolaborasi Bersama PT SMI


Jakarta, AlifMH.info - Seiring meningkatnya kepedulian sektor bisnis terhadap tanggungjawab sosial dan lingkungan , kini dunia investasi tengah menyambut era baru pengarusutamaan investasi berbasis ESG (Environmental, Social, and Government).

 

ESG Kemenkeu merupakan konsep perpaduan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam menjalankan usaha yang dapat menjamin keberlanjutan dan reputasi bisnis jangka panjang.

 

LPDP sebagai pengelola dana abadi juga ditugaskan untuk menginvestasikan dana guna memperoleh nilai tambah dengan risiko terukur dan kestabilan terjaga.

 

Hasil investasi ini disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk beasiswa maupun riset. Dengan refleksi betapa besar tanggungjawab pada investasi ini, sebuah keniscayaan bagi LPDP untuk mengedepankan konsep ESG dalam menanamkan dana investasinya.

 

Sebagai rangkaian acara memperingati HUT LPDP ke-9, LPDP menggelar Sharing Session ESG bersama PT SMI (Sarana Multi Infrastructur).


Menyambut Era Investasi Berkelanjutan, LPDP Kemenkeu Kolaborasi Bersama PT SMI
LPDP Kemenkeu gelar Sharing Session ESG bersama PT SMI


Dalam pemaparannya, Dadang Purnama Ph.D, SVP PT SMI menyampaikan selama ini dunia bisnis kerap kali dipandang tak sejalan/berdampingan dengan cita menjaga keseimbangan ekosistem, kelestarian alam, hingga keadaan sosial masyarakat. Lahirnya konsep ESG ini menjadi terobosan untuk memperbaiki reputasi kinerja sektor bisnis, menjembatani kepentingan profit dengan keberlanjutan lingkungan dan sosial.

 

Dirut LPDP Rionald Silaban menyampaikan investasi berbasis ESG bukan lagi pilihan, namun telah menjadi keniscayaan. Ia berharap di masa mendatang penerapan konsep ini semakin masif dijalankan oleh para investor dan perusahaan secara umum demi mewujudkan iklim berbisnis yang sehat dan bertanggung jawab, membangun Indonesia tanpa perlu menggadaikan kesejahteraan dan kelestarian lingkungan.

 

Sebagai komitmen dalam mendukung investasi yang mengadopsi semangat ESG, LPDP telah berinvestasi pada surat berharga tematik yaitu Green Bond yang diterbitkan oleh PT SMI.

 

Keunikan Green Bond adalah dana yang didapat secara khusus diperuntukkan untuk membiayai proyek-proyek yang memiliki manfaat lingkungan, mendorong proses transisi ke arah pertumbuhan ketahanan iklim dan rendah karbon, serta bertujuan melestarikan bumi.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda