Indahnya Desa Wisata Marente di Sumbawa - NTB - Alif MH - Info

Monday, February 15, 2021

Indahnya Desa Wisata Marente di Sumbawa - NTB

Indahnya Desa Wisata Marente di Sumbawa - NTB
Air Terjun Saketok

Kab. Sumbawa, AlifMH.info - Desa Marente merupakan Desa Wisata yang menyajikan wisata air terjun dengan suasana alam lingkungan yang asri dan suhu yang sejuk, berada di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

 

Hanya dalam waktu 1 jam 50 menit dari Bandara Sumbawa menggunakan kendaraan beroda empat, kamu akan menikmati indahnya Desa Marente yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sagara.

 

Desa Marente menjadi Desa Wisata berawal dari maraknya penebangan hutan ilegal di dekat mata air. Lalu, pemuda setempat menggagas pembentukan Desa Wisata agar penebang ilegal menjauh dari desanya.


Indahnya Desa Wisata Marente di Sumbawa - NTB
Hutan di Desa Marente


Di hutan Desa Marente, terdapat Air Terjun Saketok, yang berjarak 45 menit berjalan kaki dari Desa Marente. Sementara Air Terjun Agal memerlukan waktu 1,5 jam.

 

Air terjun Saketok ketinggiannya mencapai 30 meter, yang terdiri dari tiga tingkatan. Sedangkan Air Terjun Agal ketinggiannya mencapai 250 meter, memiliki 10 tingkatan.

 

Sungai Tiu Kele, yang mengalir dari air terjun itu, melintasi dekat Desa Marente, yang dimanfaatkan warga untuk river tubing. Wisata susur sungai itu diminati wisatawan, yang ditawarkan dalam beberapa paket.

 

Untuk biaya masuk air terjun sendiri dikenakan tiket masuk sebesar Rp 150.000 per grup maksimal lima orang dengan didampingi seorang pemandu.


Indahnya Desa Wisata Marente di Sumbawa - NTB
Bill Khair (Pengunjung)

Salah seorang pengunjung Bill Khair berkomentar, “Destinasi wisata di Desa Marente sangat luar biasa indah, yang berkunjung kesini dijamin pasti ketagihan dengan spot wisata yang ada disini”.

 

Bill yang merupakan seorang praktisi HSE itu juga berpendapat, “Inovasi para pemuda dan masyarakat di Desa Marente dalam memajukan potensi pariwata di daerah nya sangat perlu kita contoh”.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda