Kunjungan Kerja Tim Disperin NTB Dalam Mengembangkan Potensi Jambu Mente NTB - Alif MH - Info

Wednesday, February 17, 2021

Kunjungan Kerja Tim Disperin NTB Dalam Mengembangkan Potensi Jambu Mente NTB

Olahan Jambu Mente atau Jambu Monyet di Desa Belanting

Lombok Timur, AlifMH.info - Jambu mente atau yang lebih dikenal dengan nama Jambu monyet merupakan salah satu potensi SDA NTB yang sempat populer beberapa dasawarsa yang lalu. Olahan mente dari NTB merupakan salah satu orimadona oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke NTB.

 

Menghidupkan kembali potensi mente NTB adalah tugas Pemprov NTB. Salah satu pelaku industri mente skala rumahan yang masih eksis adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) dan KUBE yang dibina oleh Karang Taruna Desa Belanting Kecamatan Sambelia Kab. Lombok Timur. Inisiasi olahan mente yang dilakukan Karang Taruna desa tersebut masih dalam skala rumahan dan jelas membutuhkan tangan2 negara untuk mengembangkannya.

 

Variasi olahan dalam bentuk abon, jus dan sirup mete telah mulai dibangun, namun masih terkendala modal, pasar dan peralatan jika harus diproduksi dalam skala besar, tutur Samsul Hadi, Ketua Karang Taruna Desa Belanting, sebagaimana disampaikan dalam kunjungan Tim Bidang Industri Agro Disperin NTB, Selasa, 16 Februari 2021.


Kunjungan Kerja Tim Disperin NTB Dalam Mengembangkan Potensi Mente NTB
Samsul Hadi, Ketua Karang Taruna Desa Belanting diwawancarai Tim Bidang Industri Agro Disperin NTB

Segala keterbatasan ini merupakan PR negara yang secara perlahan harus dijembatani sesuai dengan kewenangannya masing-masing tentu saja. Jika tak segera, nama harum olahan mente NTB bisa jadi akan menjadi pengantar tidur anak cucu di masa depan nantinya.

 

Secara tersirat, harapan tersebut yang dibangun oleh masyarakat Desa Sambelia melalui Karang Taruna yang mendampingi kunjungan kerja seperti di maksud.

 

Mari kembali kembangkan mente NTB. Melestarikan lingkungan, memberdayakan perempuan, meningkatkan ekonomi rumah tangga, bersama si Jambu Mente. Menuju NTB Gemilang.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda