Mengenal Lebih Dalam ‘New HSE Networking’ (NHN) dan 'Safety Passport' nya - Alif MH - Info

Saturday, February 27, 2021

Mengenal Lebih Dalam ‘New HSE Networking’ (NHN) dan 'Safety Passport' nya

Mengenal Lebih Dalam ‘New HSE Networking’ (NHN) dan 'Safety Passport' nya
Logo ‘New HSE Networking’ (NHN)

Karawang, AlifMH.info - Istilah Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L) atau 'Health Safety Environment' (HSE) sudah tidak asing lagi khususnya bagi mereka yang pernah bekerja di industri dengan tingkat risiko pekerjaan yang tinggi seperti 'Oil & Gas', Pertambangan, Konstruksi, Manufaktur dll. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa komunitas untuk para praktisi K3L / HSE, salah satunya ’NHN’.

 

Apa itu NHN ?, dan Bagaimana ‘NHN’ Bekerja ?, mari simak ulasann detailnya.

 

‘New HSE Networking’ (NHN) adalah sebuah komunitas para praktisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Lingkungan di Indonesia yang bertujuan untuk membangun ‘Networking’ di bidang K3L, sehingga dapat menambah wawasan K3L para anggota dengan saling bertukar informasi, silaturahmi dan mempererat rasa persodaraan dengan prinsip kekeluargaan yang di dalamnya saling tolong menolong sesama anggota terutama dalam informasi K3, lowongan kerja K3L dan sebisa mungkin memberikan Rekomendasi sesama anggota untuk kepentingan bersama dengan ajas RASIONAL dan PROFESIONAL.

 

NHN berdiri ketika Wabah Pandemic Covid-19, saat banyak rekan-rekan praktisi K3L yang terkena dampak PHK dan dirumahkan maka NHN hadir memberikan motivasi, solusi serta jalan keluar dengan memberi informasi dan rekomendasi-rekomendasi anggotanya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan terhormat.


Baca juga:

Peringati Bulan K3 Nasional 2021, NHN Adakan Lomba “Photo Model Kegiatan K3”


Leader NHN Leader NHN H. Wendi Darmawan, SKM. MM. KKKL saat diwawancarai Ahad, (28/02/2021) menyampaikan, “Mudah-mudahan dengan adanya NHN ini teman-teman K3L/HSE bisa saling silaturahmi dan semakin erat persodaraannya, sekaligus bisa membantu anggotanya dalam memberi informasi lowongan pekerjaan serta sebisa mungkin dapat memberikan rekomendasi dengan prinsip Profesional dan Rasional. Semoga NHN bisa membantu teman-teman K3L/HSE yang terkena dampak PHK akibat Situasi Wabah Pandemik Covid-19, sehingga bisa ikut andil dalam program pemerintah untuk mengurangi pengangguran.”


NHN juga mengadakan kerjasama dengan Badan Keselamatan dan Kesehatan Kerja International yaitu 'World Safety Organization' (WSO). Presiden WSO Indonesia Soehatman Ramli SKM, MBA Dip.SM  memberikan apresiasi, dukungan dan juga kesempatan kepada anggota NHN untuk bergabung dan kolaborasi dengan WSO, memberikan kemudahan kepada anggota NHN menjadi anggota WSO. Dengan WSO menerbitkan WISCA dan wispass, keduanya NHN dan WSO mempunyai komitmen untuk berpartisipasi mencerdaskan Bangsa dan membuat peradaban K3 Modern yang akan menjawab tantangan K3 dimasa yang akan datang.


Mengenal Lebih Dalam ‘New HSE Networking’ (NHN) dan 'Safety Passport' nya
Leader NHN Leader NHN H. Wendi Darmawan, SKM. MM. KKKL

“Kita mengerti bahwa hidup tidak selalu diatas, hidup tidak bisa sendiri mungkin suatu saat kita butuh bantuan atau pertolongan orang lain bahkan yang tidak kita kenal sama sekalipun, mudah-mudahan hadirnya NHN bisa menjadikan hidup kita lebih bermakna baik untuk diri kita maupun orang lain,” ucap H. Wendi.

 

Untuk saling mengenal antar anggota NHN, kemudian membuat ‘NHN SAFETY PASSPORT’, merupakan INOVASI BARU dalam perkembangan K3L/HSE Indonesia dimasa kini dan yang akan datang.

 

Mengenal Lebih Dalam ‘New HSE Networking’ (NHN) dan 'Safety Passport' nya
Safety Passport - Buku Khusus Petugas Safety


Fungsi utama ‘NHN Safety Passport’ yaitu sebagai identitas seorang anggota K3L NHN, atau orang awam yang sudah mendapatkan pendidikan K3L/HSE dari NHN, di dalamnya berisi ‘training record’ yang mencatat semua kemampuan kita sebagai praksitis K3L/HSE dari berbagai macam pelatihan baik dari KEMENAKER /BNSP dan lembaga training lainnya. Sehingga memudahkan dalam memberikan data cepat kepada pihak yang memerlukan.


Baca juga:

NHN Berikan Bansos Kepada Warga Terdampak Banjir di Karawang


Untuk mengantisipasi tindakan duplikasi illegal terdapat ‘NHN Safety Passport ID Number’ di dalam ‘NHN Safety Passport’ yang terkontrol dalam ‘database’ NHN.

 

“Sebenarnya ‘HSE Passport’ sudah digunakan oleh perusahaan diluar negeri dan beberapa ‘Oil & Gas Company’ di Indonesia. Tapi ‘NHN Safety Passport’ sedikit berbeda disamping bentuknya yang lebih elegan dan membuat pemiliknya lebih ‘Confident’ dan juga untuk mempersatukan semua anggota NHN. Menjadikan Komunitas yang lebih Profesional dan Rasional,” ungkap H. Wendi.

 

H. Wendi lanjut menjelaskan, “Sebenarnya ‘NHN Safety Passport’ itu Gratis, namun karna sampai saat ini kami belum ada donator, jadi kami melakukan terobosan dengan mengadakan ‘NHN Training Awareness’ untuk para anggota yang ingin mendapatkan ‘NHN Safety Passport’ juga ingin memperluas ilmu dan pengalaman bidang K3L/HSE.”

 

 

Bagaimana Cara Menjadi Anggota NHN ?

Saat ini anggota NHN ada 2, yaitu yang memiliki ‘NHN Safety Passport’ dan yang tidak. Semuanya tetap dirangkul dalam satu kesatuan ‘Keluarga Besar NHN’.

 

Persyaratan menjadi anggota NHN adalah Gratis, dengan cara:

1.        Mengisi Google Form (Daftar anggota).

2.        Diwajibkan masuk anggota ‘Wa Group’ sesuai tempat tinggal wilayah Propinsi.

3.        Bila ingin bergabung ke grop NHN lainnya sesuai bidangnya juga diperbolehkan, Misal: NHN Pertambangan, NHN Migas, NHN Kontruksi, NHN Lingkungan, NHN Otomotif, NHN Manager, NHN PetroKimia, NHN Loker, dan Grup NHN lainnya.

4.        Bila ingin memiliki ‘NHN Safety Passport’ cukup mengikuti salah satu training yang dilaksanakan oleh NHN.

 

Baca juga:

Buat Terobosan, NHN akan Berikan Penghargaan untuk Perusahaan yang Aktif Berbagi Info Loker


10 Sifat Kepribadian NHN

1.        Tolong menolong

2.        Suka Silaturahmi dan Kekeluargaan

3.        Ramah dan Sopan Santun

4.        Profesional dan Rasional

5.        Mengutamakan Kebersamaan dan Saling Empati

6.        Saling menghormati dan tidak saling menjatuhkan

7.        Menghindari dari sifat iri dengki dan selalu mensuport satu sama lainnya

8.        Selalu memerikan manfaat buat yang lainnya

9.        Disiplin dan mengikuti peraturan

10.    Selalu mengutakan persatuan, kesatuan, dan menghindari perpecahan

 

 

VISI-MISI ‘NEW HSE NETWORKING’ (NHN)

Visi

1.        Meningkatkan talisilaturahmi sesame anggota NHN (New HSE Networking)

2.        Mempererat tali persodaraan seluruh Praktisi K3 di dalam dan di Luar Negri untuk kepentingan Bersama.

3.        Membuka Networking baru di bidang HSE

4.        Bekerja sama sesame anggota  Atas Azas Kepentingan bersama

 

Misi

1.        Memperluas HSE Network utk mendapt kemudahan dalam bidang  ilmu, wawasan, informasi, training dan kesempatan/peluang kerja di bidang K3 terutama kepada semua anggota NHN

2.        Saling membantu hal yang positif secara Profesional dan Rasional ke Semua anggota NHN (New HSE Networking) untuk kepentingan Bersama.

3.        Membantu Semaksimal mungkin untuk mendapatkan pekerjaan yang layak kepada sesama anggota NHN (dengan prinsip saling menghargai, tolong menolong, kekeluargaan dan tetap menjaga keprofesionalan dan Rasional sesama anggotanya.

4.        Tetap menjaga Persatuan & kesatuan Sesama Anggota

 

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

4 comments