Serius Wujudkan WBBM, Beacukai SULBAGSEL Kembali Bekali Mental Pegawai - Alif MH - Info

Wednesday, February 17, 2021

Serius Wujudkan WBBM, Beacukai SULBAGSEL Kembali Bekali Mental Pegawai

Serius Wujudkan WBBM, Beacukai SULBAGSEL Kembali Bekali Mental Pegawai
Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan Laksanaan Program Bimbingan Mental Pegawai

Makassar, AlifMH.info - Selasa, 16 Februari 2021, Teruntuk seluruh jajaran Bea Cukai, termasuk Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, pelaksanaan program bimbingan mental, yang terintegrasi dengan program pembinaan mental nasional, berkelanjutan diselenggarakan.  Dan hal ini telah menjadi salah satu sarana dalam memelihara mental serta jiwa spiritual para pegawai.

 

Kegiatan ini juga mendukung kinerja dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif melalui penguatan nilai-nilai Kementerian Keuangan terutama Integritas serta memelihara hubungan serta meningkatkan toleransi antar umat beragama.

 

Tepat pagi tadi , pembinaan mental (bintal)  yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Syamsul Bahri menyampaikan bahwa kegiatan bintal ini dilakukan selain untuk mitigasi resiko atas persepsi negatif para stake holder terkait integritas petugas Bea Cukai, bintal ini juga merupakan bagian dari program Beacukai Sulawesi Bagian Selatan dalam usahanya meraih kepercayaan di tahun ini untuk membangun Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

"Bintal ini menjadi bagian program pembangunan Zona Integritas menuju WBBM serta mitigasi risiko terkait dengan integritas kita semua" pungkasnya.

 

Istimewa bintal kali ini menghadirkan narasumber dari provinsi seberang , Jawa Timur, Ustaz Syahmin Hidayat, yang kali ini dipercaya mampu memberikan prespektif baru dalam usaha membangun integritas baru para jamaah terkait hijrah yang membawa kebaikan setiap harinya.

 

“Saya mendoakan pegawai Sulbagsel ini agar lebih baik dalam lingkup kehidupan manapun, baik diri sendiri, keluarga, ataupun lingkungan kerja sehingga dalam menjalankan tugasnya tetap sesuai dengan kaidah agama Islam. Saya harap materi yang akan disampaikan dapat diikuti oleh para pegawai supaya kita memiliki pegangan dan arah tujuan hidup”, ungkapnya.

 

Sejalan dengan tema yang diusung kali ini "Hijrah Makin Baik, Makin Berintegritas" lebih dalam Ustaz menjelaskan dimana hijrah adalah proses terus-menerus untuk memperbaiki diri, memperbaiki cara berpikir, dan memperbaiki cara berucap serta bersikap. Ini berlaku bagi siapa saja tentunya. "Inti hijrah kepada Allah ialah dengan meninggalkan apa yang dibenci Allah menuju apa yang dicintai-Nya. Rasulullah SAW bersabda, “Seorang muslim ialah orang yang kaum muslimin lainnya selamat dari gangguan lisan dan tangannya. Dan seorang muhajir (orang yang berhijrah) adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah.” (HR. Bukhori dan Muslim)" lanjut beliau.

 

Banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila menjadikan hijrah dalam agama sebagai satu fase menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan pribadi baru, diharapkan mampu  menjaga kerukunan yang terjalin di masyarakat, termasuk dalam kehidupan di dunia kerja, dan hijrah ini menjadi ukuran tentu dalm usaha yang senantiasa ingin memperbaiki diri, menambah ketaatan dan lebih berintegritas.

 

Akhir sesi tanya jawab, Ustaz pun kembali berpesan bahwa hakekat kehidupan itu sejatinya adalah menambah ilmu kebaikan, tentu dalam hal ini adalah berhijrah.Hijrah itu adalah bergerak, bergerak kepada kebaikan dan ketaatan.

 

"Taat prestasinya tidak hanya di dunia namun kelak sampai akhirat akan dijumpai dengan senyum bahagia, " tutur Ustaz sembari menutup ceramahnya.

 

Diharapkan dengan adanya kegiatan bintal ini, dapat memacu semangat para pegawai untuk meningkatkan integritas, kualitas kinerja, senantiasa mengevaluasi diri, meningkatkan kompetensi, memperkuat mental dan mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam menjalankan tugas negara maupun menjalani kehidupan sehari-hari sehingga niat baik di tahun ini pun dalam meraih predikat ZI WBBM bagi Beacukai Sulbagsel akan lebih mudah.

 

ا MF ]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda